Aturan Sepak Bola Jadul Ala Masyarakat Kampung

Hampir semua orang pastinya pernah mengalami yang namanya sepak bola jadul ala masyarakat kampung. Sepak bola yang jadul ala masyarkat kampung ini biasanya dilakukan dijalan kampung yang sepi pengendara ataupun di lapangan kampung. Sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung ini  pastinya masih banyak dialami oleh Anda generasi 90an walaupun sampai saat ini dibeberapa kampung di Indonesia sendiri masih banyak masyarakat yang menyelenggarakan sepak bola yang jadul ala kampung ini. Walaupun kuno, namun harus diakui bahwa permainan sepak bola tersebut lebih mengasyikkan dan bermanfaat bagi semua orang yang memainkannya daripada permainan gadget ala anak generasi milenial saat ini.

Tentunya sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung ini mempunyai aturannya tersendiri yang berbeda dengan aturan sepak bola modern profesional saat ini. Salah satu aturannya adalah menggunakan batu, sandal ataupun barang lainnya untuk membuat sebuah gawang. Untuk tinggi dari gawang sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung ini mengikuti dari tinggi kiper itu sendiri. Para penonton yang ada menenton akan ikut memperhatikan apakah bola masih masuk dalam garis gawang yang dibuat tadi sambil biasanya akan melakukan prediksi bola alias skor akhir dari permainan sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung tersebut.  Satu hal yang tak boleh dilupakan dalam aturan pembuatan gawang di permainan tersebut adalah biasanya yang gendut akan menjadi kiper.

Biasanya dalam sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung ini jarang sekali terdapat wasit. Jadi dalam aturannya setiap pelanggaran yang terjadi akan diambil berdasarkan atas kesepakatan alias musyawarah serta dari pendapat para penonton yang menontonnya.  Aturan yang menjadi khas dari sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung ini adalah adanya Azam Magrib yang menjadi peluit panjang dari permainan bola tersebut.  Hal tersebut sudah menjadi ciri khas tersendiri yang mengharuskan para pemainnya kembali ke rumah masing-masing. Aturan lain yang tak boleh disingkirkan dalam permainan sepak bola yang jadul ala masyarakat kampung ini adalah tugas kiper yang juga harus mengambil bola yang melenceng jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *