Bagaimana cara memilih dan menghitung watt lampu yang benar?

 

Jika perlindungan rumah kuno menggunakan api sebagai penerangan, baik dalam bentuk lilin hingga obor, sekarang kita dapat menikmati teknologi cahaya yang mudah ditemukan oleh Thomas Alfa Edison.
Bahkan, seiring dengan perkembangan teknologi, lampu kini hadir dalam berbagai teknologi, bentuk, ukuran watt, hingga yang lainnya. Tentu saja kehadiran berbagai opsi pencahayaan ditujukan untuk memaksimalkan setiap ruang di rumah Anda. Namun, ada sedikit kebingungan juga untuk banyak opsi pencahayaan.
Lalu apa yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih lampu dan bagaimana Anda menentukan pencahayaan yang benar untuk menginap? Lihat penjelasan melalui artikel ini!

Baca juga : IELTS Tips, How To Prepare For TOEFL dan TOEFL Listening Test

Kenali Jenis Cahaya Pertama yang Dapat Anda Gunakan
Sekarang, ada tiga jenis lampu yang sering digunakan. Tiga jenis lampu adalah TL (Fluorescent Lamp), LED (Light Emitting Diodes), dan lampu Halogen. Lalu, apa yang membedakan ketiga jenis lampu ini?

1. Lampu TL (lampu fluorescent)
Lampu TL juga dikenal sebagai lampu fluorescent, termasuk lampu hemat biaya dan orang banyak digunakan. Jenis lampu ini menggunakan NEON gas dan lapisan Fluorescent sebagai senter yang memancarkan cahaya. Ini membuat cahaya ini memerlukan waktu untuk membuatnya bercahaya sempurna. Dibandingkan dengan lampu pijar konvensional, jenis lampu ini empat kali lebih hemat energi.

2. Lampu LED (Light Emitting Diode)
Dibandingkan dengan lampu pijar umum, lampu LED dapat menghemat energi 90%. Ini membuat lampu LED yang paling hemat energi untuk saat ini. Lampu LED juga memiliki usia yang lemah, yang mencapai usia 25 tahun. Tidak mengherankan, meski harga mahal lampu ini masih menjadi salah satu jenis lampu favorit untuk hunian. Tapi jangan lupa, lampu LED perlu dirawat dengan ketekunan agar tetap kuat.

3. Lampu halogen
Lampu halogen memiliki cara yang sama untuk bekerja dengan lampu pijar dengan menyebarkan filamen. Ini membuat warna cahaya dan cahaya lampu halogen menyerupai lampu pijar. Lampu-lampu ini dibuat untuk memecahkan masalah lampu pijar besar. Dengan harga yang sedikit mahal, umbi ini biasanya digunakan sebagai lampu hias dekoratif seperti lampu meja atau lampu sorot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *