Biar Nggak Takut Skripsi, Lakukan Hal-Hal Ini!

Kalau kamu mahasiswa, apa sih yang akan terlintas di pikiranmu jika mendengar kata “skripsi”? Bagi sebagian besar anak kuliah, skripsi adalah tugas akademik paling menyeramkan. Kalau boleh lebay dikit nih, skripsi itu kayak dementor yang bisa menyedot segala memori kebahagiaan seseorang.

Sekalinya ketemu skripsi, kebahagiaanmu segera tidak berbekas. Yang tersisa cuma rasa takut serta tidak yakin diri.

Tapi bagaimanapun juga, sukai tidak sukai, anda mesti tetep ngerjain skripsi bila itu yaitu prasyarat kelulusanmu! Nah, agar anda dapat cepet beresin skripsi, anda mesti miliki mental “BERANI”. Tapi, bagaimana langkahnya agar anda tidak takut serta dapat lancar ngerjain skripsi? Pelajari di sini!

1. Cari Tema Skripsi yang Dapat Membuat kamu Tertarik

Lakukan suatu hal yang berat, bila disertai dengan ketertarikan serta ketertarikan, tentu dapat buat anda semangat. Nah, aplikasikan hal semacam ini pada skripsimu juga. Cari info sebaik-baiknya : tema apa sich yang paling membuat kamu penasaran? Bila anda sudah mengetahui jawabannya, buat judul dengan selekasnya, serta ajukanlah.

Agar judul skripsimu di terima, perlu buatmu untuk memajukan judul yang pasti juntrungannya. Apa inti problem yang menginginkan anda bahas? Siapa aktor-aktor yang ikut serta di dalamnya? Apakah saat ini anda sudah mengetahui buku apa sajakah yang anda butuhkan?

Anda mesti banyak-banyak mencari info mengenai tema yang anda tentukan itu. Makin kamu paham.kamu mengerti mengenai tema permasalahanmu, makin besar peluangnya untuk dosen atau sekretaris jurusan untuk menyepakati judul skripsimu.

2. Pastikan Cara Riset yang Paling Anda Kuasai

Sebelumnya kerjakan bab I, anda mesti pikirkan bebrapa masak hal semacam ini dahulu. Anda mesti mengetahui dirimu sendiri dahulu sebelumnya berperang. Kenali dahulu apa kelebihanmu, serta apa yang anda kuasai. Pastikan cara riset yang betul-betul anda kuasai. Ingin memakai cara riset kuantitatif, atau kualitatif?

Janganlah pilih suatu hal cuma karna dipengaruhi orang yang lain. Umpamanya, nyaris semuanya rekanmu pilih memakai cara riset kualitatif dengan argumen kualitatif itu “lebih gampang”, karna tidak gunakan hitungan serta rumus-rumus. Anda juga pada akhirnya pilih memakai cara ini. Walau sebenarnya, sesungguhnya anda lebih memahami dengan cara riset kuantitatif, serta temamu dapat tambah lebih dalam dikupas dengan cara itu. Sesaat cara kualitatif yang terdengar lebih gampang juga sesungguhnya membutuhkan kekuatan berlogika serta bernarasi yang kuat.

Ikutan rekan hanya juga akan membuat kamu tidak nikmati sistem pelaksanaan skripsi. Yang tahu kekuatanmu hanya dirimu sendiri. Janganlah menjebak dirimu sendiri dengan sangat mempedulikan opini orang yang lain.

3. Mencari Narasumber serta Rujukan yang Gampang Didapat

Banyak mahasiswa yang skripsinya mentok karna susah memperoleh narasumber serta rujukan. Bila skripsi telah mandek di dalam jalan, anda juga juga akan jadi stres serta semakin malas mengerjakannya. Untuk menghadapi hal semacam ini, yakinkan dari jauh-jauh hari kalau tema yang anda ulas dalam skripsi memanglah sangat mungkin untuk dikerjakan mahasiswa S-1. Janganlah dibiarkan kelulusanmu terhalang karna idealismemu.

Yakinkan informan-informan skripsimu bersedia untuk diwawancara. Yakinkan juga apakah literatur-literatur yang juga akan jadi rujukan skripsimu kelak gampang untuk diperoleh. Bila semua telah berada di genggaman tangan, anda tidak butuh cemas sekali lagi. Makin gampang anda memperoleh narasumber serta rujukan, jadi makin gampang juga anda kerjakan skripsimu. Anda miliki kesempatan besar untuk dapat lulus kuliah cepat!

Baca Juga: Contoh Proposal

4. Tentukan Dosen Pembimbing yang Perduli dengan Tema Skripsimu

Penentuan dosen yang pas itu yaitu satu diantara aspek pendukung agar anda semangat ngerjain skripsi. Pikirkan masak-masak siapakah dosen yang kompeten untuk mungkin saja dosen pembimbing skripsimu. Cocokkan dengan tema persoalan skripsi. Bila temamu sesuai sama ketertarikan dosenmu, dia pasti akan semangat untuk menuntun anda.

Bila dosennya populer killer, anda janganlah keburu takut duluan. Walau karakternya tegas meskipun, seseorang dosen pastinya akan menolong mahasiswanya. Tersebut penyebabnya mengapa anda harus untuk miliki mental baja. Keberanian itu telah jadi harga mati. Segalak apa pun dosenmu, bila anda miliki mental kuat untuk merampungkan skripsi, dia pastinya akan luluh serta menolong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *