Cara menjaga kesehatan mata secara alami

Cara menjaga kesehatan mata secara alami

Makanan yang paling dikenal untuk kesehatan mata adalah wortel, yang kita semua tahu. Namun, bukan hanya wortel atau vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata Anda. Makanan lain dengan nutrisi lain juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Apa saja, ya?

Makanan yang mengandung vitamin C dan E, zinc, lutein, zeaxanthin dan omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mata. Semua nutrisi ini dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia (penurunan ketajaman visual).

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin sendiri adalah karotenoid yang ditemukan di retina. Makanan yang mengandung kedua nutrisi ini memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi risiko berkembangnya degenerasi makula dan katarak. Antioksidan bisa melindungi mata dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh sinar matahari, asap rokok dan polusi udara.

Lutein dan zeaxanthin bekerja dengan meningkatkan kepadatan pigmen di makula yang menyerap sinar biru dan ultraviolet berlebih dan menetralisir radikal bebas. Dengan cara ini, lutein dan zeaxanthin dalam makanan dapat melindungi mata dari kerusakan.

Sayuran hijau yang mengandung lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi adalah bayam, daun kale, selada romaine, daun sawi, brokoli dan lobak hijau. Selain sayuran, lutein dan zeaxanthin juga bisa ditemukan pada kacang polong dan alpukat.

Menjaga kesehatan mata dengan alami kita harus membantu tubuh kita juga untuk terus sehat dengan suplemen fitnes agar tubuh kita tetap vit dan bugar.

Telur

Telur mengandung banyak nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Pada telur, ada lutein, zeaxanthin, vitamin A dan seng. Lutein dan vitamin A bisa melindungi mata Anda dari kebutaan malam dan mata kering. Lutein dan zeaxanthin bersama seng juga bisa memperbaiki kesehatan mata dengan mengurangi risiko degenerasi makula.

Buah jeruk dan buah beri

Jeruk (seperti jeruk, lemon dan grapefruits) dan buah beri (seperti stroberi, blueberry dan raspberry) mengandung vitamin C. Vitamin C juga mengandung antioksidan tertinggi. Oleh karena itu, makanan dengan kandungan vitamin C juga dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Makanan lain yang juga mengandung vitamin C adalah pepaya, paprika, tomat, kiwi dan jambu biji.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Dalam beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji bunga matahari dan kacang almond, vitamin E ditemukan. Vitamin E juga diharuskan menjaga kesehatan mata dengan cara menurunkan degenerasi makula. Vitamin E dan vitamin C bekerja sama untuk menjaga kesehatan jaringan mata.

Biji bunga matahari juga ditemukan dalam kandungan seng, selain kandungan vitamin E. Sementara itu, almond juga ditemukan dalam kandungan asam lemak omega-3. Kandungan asam lemak seng dan omega-3 juga bisa meningkatkan kesehatan mata.

Biji-bijian atau kacang-kacangan lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan mata Anda adalah kacang-kacangan, kacang polong, kacang tanah, kacang merah, kacang-kacangan dan lentil.

Gandum

Seluruh gandum atau biji-bijian seperti beras merah, gandum, quinoa, roti gandum dan pasta gandum juga dapat memperbaiki kesehatan mata karena mengandung vitamin E, seng dan niasin (vitamin B3). Makanan yang mengandung indeks glikemik rendah ini dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia. Selain itu, kuman gandum juga mengandung vitamin E.

Ikan

Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Asam lemak omega-3 dapat membantu melindungi mata dari kekeringan, mencegah degenerasi makula dan katarak. Selain itu, bukti juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Lemak asam juga ditemukan di retina mata. Jika kadar asam lemak rendah di retina, bisa menyebabkan mata kering. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah salmon, tuna, sarden dan mackerel.

Jika Anda tidak menyukai ikan atau tidak bisa makan seafood, asam lemak omega-3 ini bisa Anda dapatkan dari suplemen minyak ikan atau suplemen yang mengandung minyak nabati seperti minyak biji blackcurrant atau minyak biji rami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *