Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kacamata baca?

Bila Anda masih muda, membaca dengan jenis ukuran font pun akan mudah. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan mata juga dilonggarkan.

Dengan bertambahnya usia, seseorang merasa semakin sulit untuk membaca atau fokus dari jarak dekat. Hal ini disebabkan kondisi penglihatan yang disebut presbiopia, merupakan bagian alami dari proses penuaan yang terjadi pada kebanyakan orang.

Menurut dr. Bharoto Sp. M., spesialis mata di Rumah Sakit Dr. Oen Surakarta, presbyopia sendiri terjadi karena melemahnya kemampuan fleksibilitas lensa yang disebabkan oleh faktor usia. Perlahan tapi pasti, gangguan ini bisa terjadi dan sulit dicegah meski dengan ilmu kedokteran saat ini. Gejala ini biasanya mulai mengatasinya saat mereka memasuki pertengahan empat puluhan.

Kapan Braito mengetahui bahwa sudah waktunya untuk memakai kacamata baca?

Seseorang akan menyadari bahwa ia mengalami gangguan penglihatan presbyopic saat ia membutuhkan jarak lebih jauh untuk melihat atau membaca sesuatu. Bila Anda menggunakan jarak bacaan normal, yaitu sekitar 30 cm, penglihatan kabur, dan saat Anda dipaksa untuk melihat lebih dekat, mata Anda merasa lelah disertai sakit kepala.

Jika kelelahan mata normal akibat gejala mata kering, hanya menggunakan 1-2 tetes Braito Tears. Hydroxy Propyl Formula Metil Selulosa yang dimiliki oleh tetes mata ini akan membantu melembabkan dan menenangkan mata kering agar agar sehat kembali seperti biasa. Gunakan dengan dosis 2-3 kali sehari saat mata merasa lelah. Namun, jika keluhan terus berlanjut, segera kunjungi dokter mata untuk pemeriksaan lebih intensif.

Berbeda lagi dengan mata presbyopic yang harus dibantu dengan alat khusus, membaca lensa untuk membaca dengan jarak normal. Kacamata ini memiliki lensa bifokal yang memiliki 2 titik fokus pada masing-masing bagian lensa. Jika Anda kesulitan mencari tahu, cobalah meminjam dan memperhatikan kacamata baca dari kakek dan nenek. Dua lensa ini dimaksudkan untuk memudahkan pasien melihat jarak dari jarak jauh dan sekaligus, tanpa harus mengeluarkan atau mengganti kacamata.

Selain lensa bifocal, alat penglihatan lain untuk presbiopia adalah lensa lensa progresif. Ini adalah lensa yang digunakan untuk membantu penglihatan karena pengurangan kapasitas perumahan lensa. Di lensa ini, penghalang lensa untuk penglihatan jauh dan dekat tidak kentara.

Jika rekan-rekan Braito mulai mengalami gejala di atas, segera hubungi dokter mata Anda untuk mengetahui apakah kelainan tersebut adalah tanda presbiopia atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *