Manfaat dan kegunaan kaca mata anti-radiasi

Manfaat dan kegunaan kaca mata anti-radiasi – Sinar biru terang dengan panjang gelombang 400-500 nm (nm). Lampu biru bisa berasal dari sinar matahari yang kuat, televisi layar, lampu neon, atau layar ponsel, tablet, komputer dan barang elektronik lainnya.

Efek mata biru pada mata.

Retina adalah lapisan tipis sel yang terletak di belakang vertebrata dan cumi. Retina adalah bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf. Retina memiliki sel fotoreseptor (“batang” dan “kerucut”) yang menerima cahaya. Sinyal yang dihasilkan kemudian dikenai proses kompleks yang dilakukan oleh neuron retina lainnya, dan diubah menjadi potensial aksi di sel ganglion retina. Retina tidak hanya mendeteksi cahaya, namun juga memainkan peran penting dalam persepsi visual.

Bahaya biru ke mata.

Sinar biru adalah sinar berbahaya yang bisa merusak retina di mata manusia. Resiko kerusakan terjadi tergantung pada panjang cahaya, intensitas dan durasi pemaparan. Misalnya, jika seorang anak sudah terlalu lama untuk chatting dan browsing di ponsel atau tablet dan menonton televisi dari jarak dekat, maka risiko bahaya tidak diragukan lagi lebih besar.

Di mata bayi yang baru lahir, lensa yang ringan dan jernih belum bisa menghalangi munculnya paparan biru muda. Karena secara alami lensa mata akan berubah dengan sendirinya menjadi kuning, dan perubahan warna ini bisa menghambat cahaya biru melalui lensa mata.
Pada anak-anak, sinar biru ini bisa menyebabkan gangguan penglihatan, seperti miopia (miopia). Jika ini terjadi pada anak ketika ia mulai bersekolah, ia pasti akan mengalami kesulitan membaca.

Pada anak 0-2 tahun persentase cahaya biru sampai ke retina mata sekitar 70-80%, sedangkan pada usia 2-10 tahun, bisa mencapai 60-70%. Inilah risiko terbesar kerusakan mata akibat cahaya biru yang sering dialami anak muda.

Cara mudah untuk merawat dan melindungi mata kita terhadap sinar biru.

Dampak dari cahaya biru ini memiliki efek jangka panjang dan jangka pendek. Dampak jangka panjang bahwa ketika anak memasuki masa dewasa, penglihatannya yang rata akan kabur dan akan mengurangi kemampuannya untuk melihat detail yang bagus, meski hal ini tidak akan menyebabkan kebutaan total. Sedang efek jangka pendeknya adalah retina anak akan terganggu, sehingga proses belajar anak melalui mata akan terhambat.

Perlindungan terhadap bahaya cahaya biru harus dilakukan sesegera mungkin. Anda bisa mulai melindungi mata bayi Anda dengan cara berikut:

Kurangi penggunaan ponsel seluler, tablet, nonton TV dan jaga jarak agar tidak terlalu dekat.
Jika Anda tidak dapat mengatasi hal di atas, biasakan mereka dengan kacamata anti-radiasi yang dapat menahan sinar biru.

Aturan Melalukan 20-20-20 yaitu setiap 20 menit biarkan mata Anda beristirahat 20detik melihat benda hingga 20 meter.
Berikan asupan makanan bergizi agar bisa melindungi mata. Salah satu zat yang digunakan untuk melindungi mata adalah lutein. Lutein adalah karetenoid alami yang ditemukan pada ASI, sayuran dan buah-buahan yang berwarna merah, oranye dan kuning. Misalnya tomat, wortel, juga bayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *