Mengetahui Makanan Apa Saja yang Baik untuk Bayi Usia 6 Bulan

Walau siap untuk makanan padat, namun makanan bayi 6 bln. sudah pasti berlainan dengan makanan untuk orang dewasa. Membuat sendiri makanan bayi bisa jadi langkah paling baik untuk memberi nutrisi sehat serta fresh serta memonitor peluang alergi.

Pada umur 6 bln., badan bayi sudah bisa menyokong kepalanya sendiri serta mulai tertarik dengan makanan yang dikonsumsi orang yang lebih dewasa. Berikut waktu yang direferensikan untuk memberi makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi.

Mengetahui Makanan Apa Saja yang Baik untuk Bayi Usia 6 Bulan

Sayangnya product makanan bayi 6 bln berjenis instan yang banyak di jual di supermarket biasanya sedikit memiliki kandungan nutrisi serta vitamin karna terlebih dulu lewat sistem pemrosesan yang sangat panjang. Oleh karenanya, dianjurkan untuk membuat sendiri makanan bayi 6 bln. supaya bayi memperoleh nutrisi serta vitamin paling baik. Membuat sendiri makanan untuk bayi memang jauh lebih aman dan ini akan menjadi kesibukan baru untuk anda dalam mengurus si kecil dimana saat ia lahir anda hanya harus mempersiapkan semua perlengkapan bayi baru lahir saja.

Makanan bayi 6 bln. bisa terbagi dalam :

  1. Sereal, tambah baik tentukan yang bebas gluten.
  2. Buah serta sayuran yang dihaluskan, seperti avokad, pisang, pir, kentang, wortel, brokoli, kol, bayam, apel, strobery, wortel, anggur, tomat, timun.
  3. Bubur yang di buat spesial untuk bayi atau daging yang dihaluskan, seperti ayam atau sapi.
  4. Bubur tahu.
  5. Bubur kacang-kacangan : edamame, kacang merah, kacang hijau.

Semuanya beberapa bahan diatas lalu digabung dengan ASI atau susu formula untuk lalu diberi pada bayi.

Awal mulanya, bayi 6 bln. cuma dapat konsumsi sekitaran satu sendok teh sayur serta satu sendok teh buah dalam sekali makan. Namun makin lama jumlah ini juga akan jadi bertambah seiring berjalannya waktu. Sesudah buah serta sayuran, makanan bayi 6 bln. bisa divariasikan dengan grup makanan beda, seperti pasta, nasi, roti, telur, atau ikan.

Tips Makanan Bayi 6 Bulan

Oleh karna baru pertama kalinya coba makanan padat, jadi Anda butuh menyimak apakah Si Kecil alami alergi pada makanan spesifik. Untuk mempermudah penilaian, tunggulah sampai tiga hari sebelumnya berpindah mengenalkan type makanan beda. Tiga hari yaitu saat yang biasanya dibutuhkan untuk lihat reaksi alergi, terlebih apabila ada anggota keluarga dengan kisah alergi.

Telur, kedelai, ikan, susu sapi, kerang, serta gandum yaitu sebagian contoh bahan makanan penyebab alergi. Cermati juga bahan makanan yang dapat hasilkan gas didalam lambung, seperti kacang, product olahan susu, gandum, bawang. Beberapa bahan makanan ini mungkin saja bisa buat bayi tidak nyaman.

Diluar itu jauhi memberi madu untuk bayi berumur kurang dari satu tahun untuk kurangi resiko botulisme. Sesaat product yang terbuat dari susu sapi, seperti keju, biasanya aman untuk diberi pada bayi. Namun menunda dahulu memberi susu sapi sampai anak berumur lebih dari satu tahun.

Jadi langkah awal, Anda bisa memakai satu type bahan untuk di buat bubur. Tersebut disini sebagian bubur yang bisa dicoba.

1. Bubur pisang

Pisang yaitu buah yang kaya serat serta kalium yang aman untuk perut bayi. Tetapi janganlah terus-terusan memberi pisang karna berisiko mengakibatkan konstipasi.

Langkah buat : lumat pisang dengan garpu, lalu berikan ASI atau susu formula untuk mengencerkannya.

2. Bubur beras merah

Jadi bahan makanan pokok yg tidak mengakibatkan alergi, beras merah yang gampang diolah bayi yaitu pilihan yang pas. Anda bisa mem-blender beras merah sampai halus. Lalu berikan air serta masak dengan api tengah sampai mendidih. Sesudah mendidih, kecilkan api, serta masak lebih kurang sampai 20 menit. Anda bisa memberikan air sampai ketekunan bubur sesuai sama yang Anda berharap.

3. Bubur avokad

Avokad memiliki kandungan lemak baik yang berguna untuk perubahan fisik serta otak bayi. Lumat avokad dengan garpu, lalu berikan ASI atau susu formula. Sisa avokad yang belum juga dipakai bisa disimpan didalam wadah serta tersimpan di almari pendingin.

Bila anak Anda terlihat tidak sukai pada sebagian type makanan, bukanlah bermakna selanjutnya dia akan tidak menyenanginya. Tunggulah sekian hari lalu untuk menghidangkan makanan yang sama. Selera bayi bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu.

Mengenalkan beragam jenis makanan serta rasa bisa buat bayi suka pada bermacam makanan serta memperoleh banyak faedah nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *