Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan Gigi dan Mulut

Mulut adalah bagian tubuh yang merupakan gerbang menuju ke organ tubuh bagian dalam, sehingga kesehatan mulut menjadi sangat penting untuk selalu dijaga, karena kesehatan mulut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh lainnya.

Hampir disetiap bagian tubuh manusia pasti terdapat bakteri yang pada umumnya tidak berbahaya, tidak terkecuali pada bagian mulut. Kondisi mulut dan gigi yang sehat secara otomatis akan mencegah masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. Dengan secara rutin menggosok gigi merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Ketika mulut dan gigi kurang terawat kebersihannya maka akan memberikan peluang bakteri berkembang biak dan bisa berakibat munculnya penyakit gusi serta rusaknya gigi. Ada beberapa kebiasaan yang bisa anda lakukan agar kondisi mulut dan gigi selalu sehat :

Periksa ke dokter gigi secara teratur
Agar mulut dan gigi selalu sehat sangat disarankan untuk secara rutin memeriksakan diri ke dokter gigi selama enam bulan sekali. Jadi tidak hanya ketika sakit gigi saja kita periksa, hal ini untuk bisa mendeteksi secara dini apabila ada kelainan gusi, kerusakan gigi atau bahkan penyakit yang lebih berbahaya.

Apalagi sekarang ini peralatan yang digunakan oleh para dokter gigi atau dental unit-nya sudah sangat canggih dan modern. Sehingga akan lebih maksimal di dalam melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut. Hal ini tidak lepas dari sudah banyaknya penyedia alat kesehatan yang jual dental unit dengan kualitas number one, sehingga sangat memudahkan para dokter gigi dalam mendapatkan alat dental unit.

Gunakan sikat gigi yang tepat
Pemilihan sikat gigi juga akan sangat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita. Usahakan untuk selalu berganti sikat gigi tiap 3 bulan sekali, perhatikan kondisi bulu sikat gigi jika sudah rusak bahkan rontok maka segera ganti dengan yang baru.

Selain pemilihan sikat gigi, cara menyikat gigi pun sangat berpengaruh. Jangan terlalu keras saat menyikat gigi dan lakukan dengan gerakan melingkar. Karena ketika dilakukan secara keras atau berlebihan bisa berakibat terkikisnya gusi.

Hal lain yang perlu anda lakukan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut adalah harus benar-benar memperhatikan makanan yang mengandung gula, jika anda perokok maka segeralah berhenti merokok, hindari minuman bersoda, dan berlatih menggunakan benang gigi untuk membersihkan gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *